Thursday 30 August 2007

Friday, August 31th 2007


Seperti biasa, hari jumat adalah hari yang di nanti-nanti. Hari terakhir bekerja menjelang weekend. Buat aku hari jumat malah lebih banyak aktivitas yang akan dikerjakan. Tetapi kebanyakan justru aktivitas yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Kalau tangal 4-5 atau 8-10 tidak jatuh bertepatan di hari jumat, aku aman untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain. Pekerjaanku sebagai staff di bagian IT Domestic Interconnect Billing antara lain bertanggung jawab atas proses reporting. Mulai dari eksekusi script query seluruh report, pembuatan berita acara pengiriman dan memastikan report-report tersebut terkirim sesuai schedule ke bagian-bagian yang membutuhkan, yaitu tanggal 5 untuk reporting normal, dan tanggal 10 untuk Late Reporting. Report-report tersebut diantaranya report SOKI dikirim ke bagian Wholesale untuk dilakukan analisa traffic, report SAP ke bagian Finance, report Rekonsile CDR Log ke bagian Revenue Assurance disamping mengontrol pengiriman file-file CDR Log supaya stabil tentunya, lalu juga Daily Traffic Report yang harus di sediakan tiap pekan dan Daily Reporting yang harus di sedikan untuk bagian manajemen Domestic Interconect Billing. Disamping bertanggung jawab atas proses reporting, tugas lainnya antara lain menyediakan data detail volume compare jika sewaktu-waktu ada permintaan dari wholesale untuk di gunakan sebagai analisa jika terjadi ketidak seimbangan data traffic dari operator lawan. Dan aku juga bertanggung jawab atas penyediaan data ware house inbill setiap bulannya, yang harus dieksekusi per 5 hari sekali.

Kok jadi cerita kerjaan ya…. Mungkin yang baca juga BT kali ya.. Jobs aku kelihatan seperti padat ya..?? tapi sebenarnya aku merasa sangat santai kok bekerja di sini. Malah dari 4 tempat kerja yang sudah pernah aku jajahi sejak lulus kuliah dulu, di Indosat lah yang paling santai.. Bisa di katakan di sini kita hanya menjalankan operasional dan pengontrolan sistem Billing saja yang sudah berjalan secara otomatis, nah kita-kita hanya mengerjakan tugas-tugas rutin bulanan atau mingguan yang tidak setiap hari pasti selalu ada. Dan kita pun tidak bekerja sendirian, untuk di Domestic Interconnect Billing sendiri team kami terdiri dari 4 orang.

Hari jumat bagiku, harus bangun lebih pagi dan pulang lebih malam.. Contoh hari ini, aku tadi pagi bangun jam 5 kurang , lalu sholat, mandi, bersiap-siap dan jam ½ 6 lebih aku harus berangkat dari rumah supaya bisa mengejar jam 7 sudah sampai dikantor. Maklum jarak dari rumah ke kantorku di Medan Merdeka Barat cukup jauh, dalam kondisi macet atau dalam kondisi jam padat penumpang busway, bisa-bisa di tempuh dalam waktu 2,5 jam. Alhamdulillah karena aku berangkat pagi, busway sangat lancar, tak ada antri sama sekali. Karena kalau kita agak kesiangan sedikit saja misal sampai di halte busway Ragunan jam 6.30-an… wuihhh antrian bisa mencapai 15 meter, sampai-sampai keluar jauh dari pintu loket. Antrian penumpang semakin panjang tetapi bus belum ada yang datang, bisa-bisa harus ngantri ½ jam lagi sampai dapat giliran naik bus nya.

Sampai di kantor jam 7 kurang 5 menit, sampai di mejaku, aku langsung menghidupkan komputer, kemudian bersiap-siap ganti baju training dan kaos untuk senam di halaman depan kantor. Badanku sudah agak ngak enak, 3 hari ini kalau tidur terasa pegal-pegal dan sesak di dada, aku kira mungkin karena aku kurang olah raga karena sebagian besar aktivitasku setiap harinya tidak memerlukan banyak gerakan, hanya duduk di depan komputer saja dari pagi sampai sore. Aku hanya senam 1 kali dalam seminggu. Sebenarnya ada fasilitas fitness di lantai 24, dan juga disana ada jadwal rutin aerobic dan yoga, yang entah ada berapa kali dalam seminggu, tetapi aku malas, repot karena suka bentrok kalau ada request-request pekerjaan, lagipula aku malas kalau harus ganti-ganti baju dan mandi lagi. Cukup hari jumat saja.. Kalau olah raga di rumah pun aku juga malas, karena di lingkungan rumahku sepi tidak ada temannya… Kalau mau lari pagi sendirian BT banget kali yeee….

Sayang sekali tadi si instruktur senamnya tidak datang, hmmm… tumben nih….. akhirnya senam dipandu oleh salah seorang teman kami. Jadi agak BT sih… tidak sesemangat seperti biasanya. Senam selesai jam 8, lebih cepat dari biasanya karena tidak ada instruktur. Ehhh…. Mau menuju masuk ke dalam kantor, langsung ditarik teman-teman di ajak ke monas, yang tinggal nyebrang di depan kantor, untuk jadi supporter pertandingan semi final sepak bola Indosat dalam rangka 17-an kemarin. Kebetulan hari ini yang bertanding adalah dari team kami IT melawan Team dari divisi Properti.

Yaaah…. Team IT kalah dengan total gol 2 : 3, padahal kami para supporter sudah semangat banget bela-belain berpanas-panasan datang ke halaman monas. Team IT yang kebanyakan cowoknya kecil-kecil melawan team Properti yang kebanyakan bapak-bapak bertubuh besar, sangar-sangar pula tampangnya. Sedikit keributan terjadi ketika team properti tidak terima team IT menendang gol dengan mengenai tiang gawang yang hanya terbuat dari batangan peralon yang di susun kotak itu, hingga gawangnya ambruk.

Jam 10 pertandingan selesai, kami ramai-ramai kembali ke kantor. Aduh gerah… panas… Langsung saja setiba di meja, aku ngecek YM sebentar kalau-kalau ada yang masuk… eh bener, si Hilza teman sekelas waktu kuliah dulu menanyakan nanti jadi atau tidak ngaji ke masjid sunda kelapa. Tidak lama setelah itu, langsung aku ke kamar mandi untuk bersih-bersih badan, ganti baju, dan mencuci muka. Jumat ini aku memakai celana jeans biru, kemeja unggu dengan jilbab bermotif berwarna senada.

Aku kembali ke mejaku, duduk santai untuk memulai pekerjaan. Aku mengecek email kantor. Yup… cuma ada 1 request konfirmasi dari salah seorang teamku kalau file CDR recon masih banyak yang bolong ada yang belum terkirim dari tanggal 23 Agustus. Langsung aku jalankan Apache Web Server, terus aku eksekusi query recon file CDR, langsung blash… blash… blash… Query dalam 2 menit selesai, dapatlah aku list-list file CDR yang kurang tersebut, lalu ku convert ke file excel, kemudian aku send ke bagian mediasi mohon untuk segera di kirimkan file-file yang kurang tersebut. Sambil menunggu akhirnya memulailah aku menulis blog ini. ½ jam kemudian balasan email ku tadi masuk.

“Dear Mbak Rini,”
“Berikut saya kirimkan Log file-file yang diminta. Untuk Log file tanggal 31 akan di kirimkan besok secara otomatis”.

“OK” dalam hatiku.

Apalagi nih…?? ya lanjut nulis blognya dech… List file yang sudah dikirim ke email ?? Gampang… nanti aku tinggal teriak saja ke Ardian yang posisi mejanya di depanku, dia salah satu dari teamku juga. “An… Imelnya si Dadang udah masuk tuh, di loading dong log-log filenya”, dan dia biasanya langsung jawab : “OK Rin, kalau udah aku load, nanti di cek ya..?”, langsung aku jawab : “sippp !!!”

Apalagi nih…?? Ya udah deh lanjut nulis blognya. Tiba-tiba ada email masuk lagi tentang pengiriman SAP Report sementara. Aku baca sekilas aja, “Oh… hanya konfirmasi saja isinya” dalam batinku. Beberapa menit kemudian ketika aku lagi asyik menulis, mas Dedy ujug-ujug datang ke mejaku.

“Rin, udah baca emailku?”

“Iya mas “

“Aku udah konfirmasi ke Pak Helmy, karena tgl 1 & 2 jatuh di hari sabtu minggu, jadi pengiriman SAP nya hari senin siang, nanti kamu eksekusi aja querynya senin pagi”

“OK” jawabku sambil mengacungkan jempol.

Mas Dedy kembali lagi ke mejanya. Aku melanjutkan menulis blog ini…. Eh… si Windu, adik kelasku di stt telkom menelpon.

“Mbak rin, nanti ikut ngaji kan di sunda kelapa?? “ tanyanya

“Iya.. iya.. waduh semangat banget sich… mentang-mentang tema nya begituan”

“Hahahaha…. Iya dong. Nanti langsung ketemuan disana aja ya mbak.. “

Eh tidak lama kemudian si Ely nge-YM-in.

“Mbak Rin, ntar ngaji ya…?? Kita berangkat bareng aja dari kantor jam 5-an, OK ??”

“OK, nanti kabar-kabari lagi ya kalau mau jalan ?” jawabku

Ely adalah juga adik kelasku di stt telkom yang bekerja di Depkominfo, yang kebetulan berkantor persis di seberang jalan sebelah kantorku.

Waduh… semangat banget sih… para jomblo-jomblo muda ini, mentang-mentang temanya “ Ketika Pinangan itu Tiba” Hahahaha….. Ustad pembicaranya si Aa Hadi suaminya Cece Kirani. Memang enak sich… lucu banget ustad itu… Kemarin dia juga sudah pernah mengisi kajian sebelumnya yang temanya “Ikhtiar Mencari Jodoh”.

Wah pulang malam banget nih nanti, bisa-bisa jam ½ 10-an malam baru sampai rumah, sama seperti kemarin-kemarin kalau pas ada pengajian seperti ini. Acara selesai jam 8.30, jalan kaki 10 menit ramai-ramai menuju ke halte Halimun, menunggu busway terakhir.

Upss… btw sudah jam 1 nich, sampai disini saja lah, kegiatan sehari-hari sih kalau mau di tulis ya panjang banget jadinya, nanti yang baca juga bosen. Ya ngak..??

4 comments:

Hendro Nur Prasetyo said...

halo rin ... beralih ke reportase nih? enakkan cerita kisah asmara kamu. nah salamnya udah aku sampein ke temen2 alumni ITB tuh, tapi aku ga jamin hasilnya ada to enggak. tunggu aja.

Rini said...

Hahaha... ah mas hendro nich serius amat. Iya mas nyantai aja lah.. :D

Unknown said...

ayo.........ada apa nih dgn alumni ITB???wah jangan2...........*ngga kok Rin, aku berbaik sangka aja*

Rini said...

Iya tun, lg ada apa2 sama alumni ITB.. hahaha.... bcanda ding, Iya berbaik sangka aja tun.. gak ada apa2 kok, doakan aku aja ya.. semoga selalu istiqomah dan selalu dalam lindungan Allah swt.. amin.. :D