Sunday 26 August 2007

Selingkuhnya Suami Sholeh

Kata 'selingkuh' mungkin sudah biasa terdengar di telingga kita, terutama di kalangan para selebritis, pejabat pemerintahan atau organisasi besar, atau kalangan orang-orang kaya. Tapi ternyata juga tidak sedikit kemungkinan terjadi di kalangan pasangan-pasangan orang biasa..

Saya jadi teringat percakapan saya melalui YM kira-kira sebulan yang lalu dengan salah seorang sahabat dekat saya seorang umahat muda 26 tahun berputra 3.

N : "Aku baru baca cerpen Catatan Hati seorang istri punya nya Asma Nadia"
N : "Aku rekomen utk kamu baca dech"
N : "itu based on kisah nyata"
N : "byk ttg perselinguhan dan ketidaksetiaan lelaki"
N : "haha... ntar lu jd takut kawin dech"
R : "Ooo... jd biasanya apa tuh yg menyebabkan laki2 bs selingkuh & tdak setia...."
N : " ya macem2 lah, tapi cerita yg paling menghentak aku"
R : "Apa tuh"
N : "ttg akhwat-ikhwan yg dah nikah selama 15 thn, anak 4"
N : "suami rajin ibadah, tahajud"
N : "ma'tsurot"
N : "pokoke ga berubah deh dari semasa jd aktifis dulu"
R : "trs.. "
N : "si istri beranggapan bhw HP suami itu brg pribadi jd ga pernah periksa2"
N : "ternyata suatu hr hp si Istri hilang"
N : "dan dia mau liat no beberapa teman untuk diinput ke hpnya yg br"
N : "ternyata ada sms mesra suaminya"
N : "selingkuhnya ga fisikal sih"
R : "wow..."
N : "cuma sayang2an di SMS"
N : "mnrt kamu itu selingkuh ga?"
N : "selama 3 thn br ketauan"
R : "itu selingkuh kecil"
R : "sayang2an nya seperti sayang2an ke org yg di cintai atau sayang2an biasa kyk ke tmn2 biasa?"
N : "suaminya tipe ikhwan serius gitu"
N : "ya spt syg2an ke some one special"
R : "siapa tau dia di ktr lingkungan org2 yg gaul gitu.... trs membuat dia jd agak berubah kalo bergaul ma tmn2 luar nya itu.... sementara si istri di rumah tipe wanita yg cool, sampai buka2 hp suaminya aja ngak mau.... dan kurang romantis ma suaminya...."
R : "tp cuma sampai di situ aja ya? gak sampai pny hubungan serius sama wanita lain.."
N : "kl mnrt kamu itu selingkuh bukan?"
R : "tp kalo seorang ikhwan yg paham agama.... kalo dia bs begitu jg.... knapa ya?"
N : "kt suaminya dia kasihan sama akhwat itu"
R : "kasian sama akhwat pacarnya itu ??"
N : "iya"
N : "akhir cerita si istri pulang ke rmh ortunya udah 6 bln"
R : "wow... mungkn istrinya shock gak nyangka suaminya begitu"

Dan bla bla bla... kami masih melanjutkan perbincangan tentang fenomena perselingkuhan yang akhir-akhir ini sering terdengar di kalangan orang-orang dekat.

Sebagai seorang muslimah awam apalagi bagi seorang yang pernah atau biasa bergabung di aktivitas-aktivitas dakwah, yang begitu paham agamanya, mungkin saja cerita di atas akan membuat kita terhentak kaget, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Mereka tidak pernah membayangkan kalau suami-suami mereka akan berbuat seperti itu, walaupun hanya sekedar sms-sms mesra dengan wanita lain. Karena mereka juga yakin kalau suaminya adalah seorang yang cukup sholeh, dan tidak akan berbuat hal yang demikian.

Saya sudah beberapa tahun bekerja diluar dan bertemu dengan berbagai kalangan orang. Fenomena selingkuh bukanlah hal yang asing terdengar di telinga saya. Bahkan banyak juga terjadi di beberapa laki-laki yang sampai-sampai memiliki istri siri, karena takut tidak mendapatkan ijin menikah lagi dari istri pertamanya.

Tetapi sebelum ini saya tidak pernah membayangkan sedikitpun kasus perselingkuhan yang terjadi pada orang-orang sholeh apalagi kalau dia aktivis dakwah. Betapa kecewanya sang istri ketika mengetahui kalau si suami mencintai wanita lain, seperti cerita di atas ketika sang istri membaca sms-sms mesra suaminya dengan perempuan lain.

Nah, skandal di atas hanya sebatas sms-sms saja lho !!! Tapi pernahkan anda membayangkan seorang suami sholeh, yang mungkin juga aktivis dakwah mencumbu mesra wanita lain di luar sana !!?? Seorang suami yang sholeh memeluk, membelai, mencium, atau bahkan meniduri wanita lain di luar sana !!?? Mungkin bisa saja wanita lain itu lebih muda, lebih cantik, atau lebih menyenangkan.. Naudzubillah mindzalik... Apakah anda percaya kalau fenomena tersebut bisa jadi memang ada ?

Anda bisa bayangkan, terutama wahai para istri.. Betapa hancur dan sakitnya hati mereka mengetahui laki-laki sholeh pendamping hidupnya melakukan hal sekeji itu..

Lantas apa yang menyebabkan seorang suami dengan tampilan sholeh, bijaksana, penyayang, tampan mempesona dapat berbuat seperti itu ?? Karena ketidak puasan ?? Atau memang karena sang laki-laki yang suka ber-kostum ganda ??

Saya jadi teringat dengan kata-kata sahabat saya ini dalam obrolan lain keesokan harinya.

R : "hati2 nanti dengan suamimu... kalo mengalami kejenuhan dg rumah tangganya pas lg masa2 puber ke-2 di usia 40-an"
N : "iya lah"
N : "pasti memang nanti ada masanya jenuh"
N : "mdh2an saat itu aku nya juga udah siap"
N : "aku udah sering mikir kok"
N : "emang kl laki2 byk duitnya bisa apa aja"
N : "yg jd kontrol cuma iman doang"
N : "kl imannya ga bener ya susah"
N : "sesuka suka hatinya mempermainkan wanita"

"Hanya keimanan lah yang dapat membentengi diri seseorang untuk melakukan tindakan-tindakan keji". Kalimat sejenis tersebut sudah sering kali kita dengar di berbagai kesempatan. Tapi apakah benteng keimanan yang mapan masih bisa terdobrak karena tidakpuasan terhadap beberapa hal dalam hidup ini..?? Termasuk ketidakpuasan terhadap istri.. Wallahu a'lam bi showab..

6 comments:

noermilah said...

We should feel sorry kalo memang ada orang yang mengaku sebagai aktifis da'wah berlaku demikian.

Berarti tak layak digelari sebagai orang sholeh.

Suami yang sholeh beneran mana ada yang selingkuh? Atau bisa dibalik: Yang selingkuh sejatinya bukanlah suami sholeh.

BTW, mana honor gw sebagai narasumber?

*Hahaha...*

Rini said...

Lho, itu kan ngak sengaja mbak ngobrol2nya... ngak tau nya cucok sama kasus ini.. :D

Unknown said...

Keimanan memang penting dalam menjaga kita dari perbuatan yg keji seperti berselingkuh namun ada juga faktor lain yang ngga kalah pentingnya, yaitu komunikasi...seringnya masalah berawal dari komunikasi yang tidak lancar...
Komunikasi yang hangat, dua arah dan saling menghargai antara pasangan suami istri akan menjadi pondasi kuat untuk membangun keluarga yang harmonis sehingga perselingkuhan ataupun poligami dapat dihindari :)

Unknown said...

Assalamualaikum. maaf lagi search ketemu blog ini. hanya mengingatkan, awas hati2 kalau masang foto cewek/akhwat/ummahat/wanita/muslimah. di website, akhir2 ini banyak artikel yang membahas penyimpangan orang setelah melihat orang berjilbab. terima kasih :). hanya mengingatkan. Kunjung2 yah di website saya. wassalam

Fatmasnow said...

naudhibillah ya......hm...saya jadi agak was-was ni. Tapi insya allah sebagai istri yang baru menikah belum sebulan ini saya berharap semoga suamiku adalah jodohku dunia akhirat...amiiin

Fatmasnow said...

visit my blog http://fatma-snow.blogspot.com/