Friday 24 August 2007

My Cyberfriend 'JS' Part 1


Saya mau cerita tentang “teman maya” saya. Sebenarnya saya bukanlah orang yang freak banget berkelana di internet, dan mendapat byk teman bahkan jadi populer profile nya di dunia maya tersebut. Tidak terlalu banyak teman maya yang pernah saya punya… Rata-rata semuanya hanya “maya” saja…

Pernah kopdar pun ya.. hanya bbrp teman saja (kalo ga salah tidak lbh dari 5 org kali yah, ini terhitung sejak msh kuliah th 99-an lho ya…) beberapa sama org2 yg ada hubungan kesamaan lah dengan saya, misalnya ternyata kita satu kampus, atau ternyata kita pnya teman2 yg sama juga. awalnya juga dadakan cuma iseng2 aja, pas pengen kemana gitu…. eh dia si “cyber friend” tersebut mau nemenin…. Kan lumayan ada yg nganterin, dan ada yang bayarin atau men-traktir gitu lho… Hahahaha…. Ngak ding…!!! bukan begitu kok maksudnya…

Bukannya saya takut lho, ketemuan sama orang yang sebelumnya kita gak pernah kenal di dunia real.. saya termasuk orang yang cukup PD sebenarnya….ramah, dan menyenangkan kalo ketemu sama orang asing (PD banget sich yah) Biar lebih percaya mending tanya aja sama org2 yang pernah blind date sama saya dech…. Cuma kalo sekarang saya suka malas aja just for meeting a new person we haven’t met before, making a short friendship… habis itu sudah!!! Itu mah dulu kali ya,,, pas kita masih baru seneng2nya gaul di internet..

Memang enak sich, kalo kita pnya byk teman…. tp memang semakin bertambahnya usia, terkadang makin malas kita terlalu byk main atau gaul lah.. apalagi kalo tidak ada tujuan tertentu, Ini akan kelihatan seperti buang2 duit atau buang2 waktu aja… Padahal msh ada kerjaan/kegiatan2 lain yg harus di kerjain… gitu lho, drpd cuma main-main keluyuran yang gak jelas, ketemu sama orang-orang yang gak jelas.. dan malah bikin capek and pegel2 aja karena kebanyakan main/jalan….

Yah, begitulah makanya saya ngak terlalu pny banyak pengalaman yg lbh seru lagi, dalam urusan “teman maya” dan “blind date” kali ya..

Keberadaan teman itu begitu berarti, apalagi kalo dia akhirnya sering hadir dalam hari-hari kita. Tiba-tiba hampir tiap hari, kita jd sering ngobrol sama dia. Dan akhirnya kehadiran dia begitu terasa di hati kita… Ini mah benih-benih jatuh cinta kaleee yach…

Akan tetapi seiring dengan perjalanan sang waktu, tiba-tiba kedekatan itu memudar, bisa jadi karena bosan, atau karena kesibukan masing2, atau karena udah lupa, akhirnya kita semakin jarang ngobrol, ngak pernah sms lagi kalo ngak butuh2 amat, dll, sampai akhirnya gak pernah komunikasi lagi.. dan akhirnya kehilangan jejak no HP nya yg baru.. Atau ada juga, yg punya teman maya tapi akhirnya putus komunikasi sebelum sempat ketemuan..ya karena bosen juga kali ya… Akan sangat menyakitkan sekali di hati kita akhirnya kehilangan “rasa dekat” itu… walaupun hanya sebagai teman, walaupun belum sampai jatuh cinta padanya.. kan jatuh cinta ngak dilarang, ya ngak.. ?? apalagi sama teman sendiri.. “Embat aja” begitu kata salah seorang teman saya…

“Cyber friend” “jarang sekali” dapat berubah menjadi “true forever real friend” . Benarkah itu ?? Maaf kalo bagi yang membaca ada yg kurang setuju. Tapi kan pernyataan ini hanya mewakili pengalaman pribadi saya aja.. yang blm seberapa ini..

Kenapa begitu ya, terkadang sebelum ketemuan begitu akrab di dunia cyber,, tapi setelah kopdar, eh malah menghilang dan lama-lama lupa dech… Begitu juga pengalaman beberapa tmn2 saya yg lain, bahkan ada jg yg pernah minta temenin saya mau kopdar sama teman maya nya… (ngak jentel dia, masa minta temenin saya… hahahaha) Trs bsk2nya saya tanya kbrnya, katanya gak pernah OL lagi dech… pdhl sebelumnya hampir tiap hari mereka chatting..

Atau…. aktivitas berkelana di dunia “maya”, mencari cyber friend.. kan sekarang udah byk tuh fasilitasnya ada friendster, multiply, dll. Dan akhirnya blind date, selama ini sangat ”identik” dengan urusan “cari jodoh” apalagi bagi org-org yang msh jomblo.. hahahaha… ya engak salah sich, tapi kalo itu mah utk cari jodoh kan, makanya ketika ketemuan sama si “cyber friend”, dan ternyata ngak sesuai harapan,, eh besoknya malas dech menyapa “dia” lagi. Atau paling hanya basa-basi aja..tidak seakrab sebelumnya,terus lama-lama menghilang dan lupa dech.. Tapi sepertinya…. begini nich, yang kebayakan terjadi di kalangan para “petualang cyber” ketika blind date dengan teman mayanya.. benar ga sich friends…?? Ayo siapa yg udah berpengalaman…??

Kalau boleh saya menebak-nebak nich, kayaknya tidak kurang dari 65% dari para petualang pencari teman maya yg berkelana di internet, terus akhirnya di “niatin” banget utk kopdar, itu sebenernya tidak jauh-jauh dari niatan untuk cari “pacar” atau “jodoh”. Bener ga sich?? Apalagi bagi para jomblowan atau jomblowati, lha wong yang udah punya pacar aja kadang-kadang juga masih begitu, dengan harapan bisa kenal sama org yg lebih bagus dari pacarnya saat ini… Memang jd di cap “tidak setia” dech, tp siapa yang melarang, “wajar aja kan kalo kita mencari yang terbaik..” begitu biasanya dalihnya.. Bener ga friends…??

Nah yang 35% lagi.. adalah punya teman maya, dengan tujuan hanya untuk sekedar teman ngobrol (lewat YM atau sejenisnya) di sela-sela rutinitas pekerjaan ktr.. atau kita cari kenalan org2 di internet karena kita sedang butuh info2 tertentu (kyk low kerja, sekolah,bisnis, dll ) yang akhirnya kita jd sering ngobrol sama dia, bahkan hampir tiap hari. Tapi kita tidak pernah “niatan” utk kopdar… Ya bisa jadi karena org yg bersangkutan sudah punya pasangan, dan msh ingin tetap setia, atau….dia sudah dapat melihat/menilai kalau ternyata kenalan maya nya tersebut bukanlah termasuk dalam kriteria pasangan dia (walaupun blm sampai ketemuan)… Ya akhirnya, gak perlu pake ketemu lah, cukup bersahabat di dunia maya saja..
Ok lah… kalo begitu kan akhirnya ya kembali ke diri kita masing-masing aja.. Apa niatnya ketika kita bertemu dengan si “cyber friend” tersebut…

Sebenernya saya jadi ingin menulis blog ini, juga disebabkan oleh seorang “cyberfriend” saya.. sebut saja namanya “JS” yang sampai saat ini belum pernah saya temui….Ya terserah dia dech, dia mau bilang saya penakut, cemen, beraninya cuma di chatting doank…dll, seperti yg sering dia bilang kalo saya ngak mau di ajak ketemuan… akhirnya dia malas dech, ngak mau ngajak saya ketemuan lagi…. Ya… up to him dech, tapi kan sebenernya saya ngak begitu (penakut, cemen, beraninya cuma di chatting doank…dll) bener ngak friends, hayooo siapa yg pernah kopdar sama saya…

Bekerja di ktr, setiap hari selalu terhubung ke internet, terkadang ada org “maya” baru yang menyapa.. atau sebaliknya. ”Saat ini” kalo bisa dihitung, ya ada beberapa tmn cyber yg YM-ID nya msh suka terlihat hidup di mesangger list saya.. Tapi dr semua org itu blm ada yang pernah saya temui.. Dan yg msh “aktiv” sering ngobrol pun tidak lbh dr 3 org.. Itupun tidak tiap hari… hingga saat ini komunikasi hanya sebatas chatting saja. Tidak lebih..!!! kecuali dengan JS, bahkan saya juga sudah hapal dengan suaranya di telp..

Bersambung... di Part 2

No comments: